PENDAHULUAN
a. Latar
belakang
Makalah ataupun tugas penelitian
dibuat berdasarkan suatu malah yang dihadapi, atau biasa di bahasakan bahwa
segala sesuatunya berangkat dari masalah, dan kita tau bahwa masalah adalah
dimana ketidak sesuaian (perbedaan) antara harapan dan kenyataan. BANK RAKYAT
INDONESIA(BRI) merupakan suatu badan usaha milik Negara yang bertujuan untuk
mensejahtrakan masyarakat dan mempunyai fisi dan misi sebagai berikut:
Visi BRI
·
Menjadi
bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
Misi BRI
·
Melakukan
kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha
mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
·
Memberikan
pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan
didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek
good corporate governance.
·
Memberikan
keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
namun melihat dari kenyataannya visi misi ini tidak tercapai
dengan maksimal,karena beberapa permaalahan yang di hadapi. Hal inilah yang
melatar belakangi dibuatnya makalah ini karena ingin mengetahui lebih lanjut
apa,bagaimana,dan mengapa terbentu/ lahir BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) tersebut.
Untuk lebih jelasnya mari kita membaca dan memahami isi makalah berikut.
b. Tujuan
1. Untuk mengetahui sejarah singkat
lahirnya BRI
2. Untuk mengetahui program/kegiatan
BRI
3. Untuk mengetahui bentuk/model
manajemen BRI
4. Untuk mengetahui struktur
kepemimpinan BRI
c. Rumusan masalah
1. Bagaimana sejarah lahirnya BRI?
2. Apa yang menjadi program/kegiatan
BRI?
3. Bagaimana bentuk/model manajemen
BRI?
4. Bagaimana struktur kepemimpinan BRI?
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)
Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia
(BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan
nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan
Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri
tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
Pendiri Bank Rakyat Indonesia Raden
Aria Wirjaatmadja Pada periode setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan
Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank
Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Adanya situasi perang mempertahankan
kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu
dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan
berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui
PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang
merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij
(NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN
diintergrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan
Koperasi Tani dan Nelayan.
Setelah berjalan selama satu bulan
keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan Bank tunggal dengan nama
Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan
Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara
Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia
unit II bidang Ekspor Impor (Exim).
Berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun
1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968
tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank
Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular
dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat
Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan
Undang-undang No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI
sebagai Bank Umum.
Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang
perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status
BRI berubah menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang kepemilikannya
masih 100% ditangan Pemerintah.
B.
PROGRAM/KEGIATAN YANG DILAKUKAN BRI
- Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
- Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
- Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.
- Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
- Usaha simpanan
- Usaha jasa bank
- Usaha pinjaman/ kredit
C.
BENTUK/MODEL
MANAJEMEN INSTITUSI TERSEBUT
Bentuk dan model manajemen yang di
gunakan dalam pelayanan oleh PT.BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) yaitu manajemen
tertutup dan manajemen terbuka. Karena pimpinan atau direktur perusahaan tersebut
dalam mengambil keputusa tidak melibatkan bawahan atau stafnya.namun dalam
pelayanannya menggunakan manajemen terbuka yaitu melibatkan semua staf dalam
pengembilan keputusan serta pengaplikasiannya dalam memaksimalkan keberhasilan
perusahaan tersebut.
D.
STRUKTUR
KEPEMIMPINAN BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)
KESIMPULAN
A. SEJARAH
SINGKAT LAHIRNYA BRI
Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia
(BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan
nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan
Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri
tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
B.
PEROGRAM/KEGIATAN
BRI
Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan
kepuasan nasabah.Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan
pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan
ekonomi masyarakat.Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan
kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional
dengan melaksanakan praktek good corporate governance.Memberikan keuntungan dan
manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.Usaha simpanan,Usaha
jasa bank,dan Usaha pinjaman/ kredit.
C.
BENTU/MODEL
MANAJEMEN BRI
Bentuk dan model manajemen yang
digunakan dalam pengambilan keputusan dan pemberian pelayanan terkadang
menggunakan bentuk manajemen terbuka dan manajemen tertutup.
D.
STRUKTUR
KEPEMIMPINAN BRI
Selah membaca makalah diatas maka
kita telah mengetahui bahwa struktur kepemimpinan BRI dimulai dari kepemilikan
yaitu pemegang saham jadi dapat kita menebak bahwa pnunjang utama keberhasilan
BRI alah pemegang sham, kemudian dibantu oleh beberapa devisi dibawahnya
seperti direktur umum,direktur mikro,direktur bisnis dan terakhir ada
pembukuan.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.bri.co.id/ diakses hari minggu,Tgl 3November
pukul 23.15 wita.
http://kuwarasanku arti-dan-makna-logo-bri-sejarah-visi.diakses hari minggu,Tgl 3November
pukul 23.45 wita.
http://www. struktur-organisasi-bri-cabang/Program/ kegiatan BRI,diakses hari
minggu,Tgl 3November pukul 23.00 wita.
Makalah
Manajemen Publik
BADAN USAHA
MILIK NEGARA
BANK RAKYAT
INDONESIA (BRI)
ZUBAIR
10561 03971 11
V A
JURUSAN ILMU
ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU
SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar