Selasa, 23 Mei 2017

manajemen publik



PENDAHULUAN
a.       Latar belakang
Makalah ataupun tugas penelitian dibuat berdasarkan suatu malah yang dihadapi, atau biasa di bahasakan bahwa segala sesuatunya berangkat dari masalah, dan kita tau bahwa masalah adalah dimana ketidak sesuaian (perbedaan) antara harapan dan kenyataan. BANK RAKYAT INDONESIA(BRI) merupakan suatu badan usaha milik Negara yang bertujuan untuk mensejahtrakan masyarakat dan mempunyai fisi dan misi sebagai berikut:
Visi BRI
·         Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
Misi BRI
·         Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
·         Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.
·         Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
namun melihat dari kenyataannya visi misi ini tidak tercapai dengan maksimal,karena beberapa permaalahan yang di hadapi. Hal inilah yang melatar belakangi dibuatnya makalah ini karena ingin mengetahui lebih lanjut apa,bagaimana,dan mengapa terbentu/ lahir BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita membaca dan memahami isi makalah berikut.
b.      Tujuan
1.      Untuk mengetahui sejarah singkat lahirnya BRI
2.      Untuk mengetahui program/kegiatan BRI
3.      Untuk mengetahui bentuk/model manajemen BRI
4.      Untuk mengetahui struktur kepemimpinan BRI
c.       Rumusan masalah
1.      Bagaimana sejarah lahirnya BRI?
2.      Apa yang menjadi program/kegiatan BRI?
3.      Bagaimana bentuk/model manajemen BRI?
4.      Bagaimana struktur kepemimpinan BRI?

PEMBAHASAN

A.    SEJARAH BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)
Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
Pendiri Bank Rakyat Indonesia Raden Aria Wirjaatmadja Pada periode setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Adanya situasi perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN diintergrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.
Setelah berjalan selama satu bulan keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan Bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim).
Berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai Bank Umum.
Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang kepemilikannya masih 100% ditangan Pemerintah.
B.     PROGRAM/KEGIATAN YANG DILAKUKAN BRI
  • Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
  • Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
  • Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.
  • Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
  • Usaha simpanan
  • Usaha jasa bank
  • Usaha pinjaman/ kredit
C.     BENTUK/MODEL MANAJEMEN INSTITUSI TERSEBUT
Bentuk dan model manajemen yang di gunakan dalam pelayanan oleh PT.BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) yaitu manajemen tertutup dan manajemen terbuka. Karena pimpinan atau direktur perusahaan tersebut dalam mengambil keputusa tidak melibatkan bawahan atau stafnya.namun dalam pelayanannya menggunakan manajemen terbuka yaitu melibatkan semua staf dalam pengembilan keputusan serta pengaplikasiannya dalam memaksimalkan keberhasilan perusahaan tersebut.


D.    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggpcVaDPrqX9jL6QnoYAjVaTgg0eAS_GHv9GJIR8IVBgiKf2QquyvkK-KM7z0lrS-WQHGCbZ3r7j-hXppO3sKhzhUwP_MVn_kCty0nLD2AyOZagsXkKs6D8_ODl_c7yTsqSq_cBgn8Bcw/s1600/so+sendik_3.jpgSTRUKTUR KEPEMIMPINAN BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)












KESIMPULAN
A.    SEJARAH SINGKAT LAHIRNYA BRI
Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
B.     PEROGRAM/KEGIATAN BRI
Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.Usaha simpanan,Usaha jasa bank,dan Usaha pinjaman/ kredit.
C.     BENTU/MODEL MANAJEMEN BRI
Bentuk dan model manajemen yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan pemberian pelayanan terkadang menggunakan bentuk manajemen terbuka dan manajemen tertutup.
D.    STRUKTUR KEPEMIMPINAN BRI
Selah membaca makalah diatas maka kita telah mengetahui bahwa struktur kepemimpinan BRI dimulai dari kepemilikan yaitu pemegang saham jadi dapat kita menebak bahwa pnunjang utama keberhasilan BRI alah pemegang sham, kemudian dibantu oleh beberapa devisi dibawahnya seperti direktur umum,direktur mikro,direktur bisnis dan terakhir ada pembukuan.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.bri.co.id/ diakses hari minggu,Tgl 3November pukul 23.15 wita.
http://kuwarasanku arti-dan-makna-logo-bri-sejarah-visi.diakses hari minggu,Tgl 3November pukul 23.45 wita.
http://www. struktur-organisasi-bri-cabang/Program/ kegiatan BRI,diakses hari minggu,Tgl 3November pukul 23.00 wita.



Makalah Manajemen Publik

BADAN USAHA MILIK NEGARA
BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)


ZUBAIR
10561 03971 11
V A
Unismuh.jpg


JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar